TAHAPAN BELAJAR MEMBACA

Kartu baca Abaca Flashcard

Ayahbunda, mari kita kenali tahapan belajar membaca putra/putri kita, yang saya kutip dari suatu sumber.

Menurut Stein (Ahmad Susanto 2011:90) bahwa, kemampuan membaca anak usia dini dibagi menjadi empat tahap perkembangan, yaitu sebagai berikut:
a) Tahap timbulnya kesadaran terhadap tulisan
Pada tahap ini, anak mulai belajar menggunakan buku dan menyadari
bahwa buku ini penting, melihat-lihat buku dan membalik-balik buku
kadang-kadang anak membawa buku kemana-mana tempat
kesenangannya.

b) Tahap membaca gambar
Anak usia TK sudah bisa memandang dirinya sebagai pembaca dan mulai melibatkan diri dalam kegiatan membaca, pura-pura membaca buku, memberi makna gambar, membaca buku dengan menggunakan bahasa buku walau tidak cocok dengan tulisannya.
Anak TK sudah menyadari bahwa buku sebuah buku memiliki karakteristik khusus, seperti judul,halaman, huruf, kata dan kalimat serta tanda baca walaupun anak belumfaham semuanya.

c)Tahap pengenalan bacaan
Pada tahap ini anak TK telah dapat menggunakan tiga sistem bahasa,seperti fonem (bunyi huruf), semantik (arti kata), dan sintaksis (aturan kataatau kalimat) secara bersama-sama. Anak yang sudah tertarik pada bahan bacaan mulai mengingat kembali bentuk huruf dan konteksnya. Anak mulai mengenal tanda-tanda yang ada pada benda-benda dilingkungannya

d) Tahap membaca lancar
Pada tahap ini, anak sudah dapat membaca secara lancar berbagai jenis buku yang berbeda dan bahan-bahan yang langsung berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Nah, Ananda sudah pada tahapan apa?

Author: Dian Fithrianie

Saya pengajar PAUD sekaligus agen penjualan kartu belajar membaca _ Abaca Flashcard, sekaligus owner bimbingan belajar buat belajar membaca dengan metode bermain. CP 081287527777. Melayani konsultasi gratis tentang pengajaran membaca anak usia dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *